Tips Memilih Bahan katun Untuk Celana

Hasil gambar untuk kain katun

Kain katun memang banyak digunakan seperti untuk memmbuat baju, sprei, selendang, kerudung dan celana. Dan tentunya untuk celana dengan bahan katun punya keunggulan tersendiri yaitu lebih nyaman dan sejuk saat digunakan. Tapi, untuk soal keawetan tetap tergantung jenis bahan yang kamu pilih.

Nah maka dari itu kamu harus mengenal bahan yang bagus dan nyaman untuk celanamu. Jangan sampai kamu salah memilih bahan sehingga saat digunakan panas dan memberi efek gatal.

Berikut ini ada ada beberapa tips untukmu :

Kenali ciri-cirinya

Untuk membedakan kain katun yang bagus, kamu tidak dapat membedakannya hanya dengan melihat dari coraknya saja. Cobalah untuk meraba untuk mengetahui mana bahannya yang nyaman di kulit. Katun yang memiliki tekstur yang lembut dan halus, bshsn ysng digunakan lebih awet dan tahan lama, serta tentunya nyaman digunakan atau tidak menimbulkan efek panas.

Kenali jenisnya

Perlu kamu ketahui bahwa kain katun memiliki beberapa karakteristik dan jenisnya yang memiliki perbedaan kecil. Tetapi jika kamu pelajari, kamu akan mengerti dan mudah untuk mengetahuinya. Bahan katun tersebut biasanya terdiri dari katun cina, katun paris, katun bangkok, katun rayon, katun jepang, katun sutera, dan katun minyak. Disarankan pilihlah katun yang terbuat dari 100% kapas.

Cek permukaan bahan

Kamu perlu menyentuh permukaan kain dengan perlahan untuk mengetahui kualitas kenyamanan bahan yang digunakan. Kain yang memiliki kualitas baik, akan terasa benar-benar halus.

Genggam

Selain itu, untuk mengecek kualitas kain apakah panas saat digunakan. Kamu dapat mencoba untuk menggenggam beberapa saat kain. Jika saat digenggam terasa lumayan dingin maka kain tersebut cocok untuk digunakan termasuk untuk pembuatan celana.

Stretch

Kamu dapat menarik kain namun jangan terlalu kuat atau menyebabkan kain rusak, ini berfungsi untuk mengukur sseberapa kuat bahan yang digunakan. Kain yang memiliki kualitas baik, dia akan tetap seperti kondisi semula setelah ditarik. Sebaliknya, kain dengan kualitas rendah akan menjadi sedikit lemas atau bahan nampak tertarik.

Itulah tadi beberapa tips sederhana untuk memilih bahan katun yang dapat kamu gunakan. Semoga tips ini bermanfaat dan dapat kamu gunakan nantinya saat membutuhkan.