Ketahui Tentang Pore Stripes, Apakah Aman Buat Komedo?

Selain jerawat, masalah lain yang sangat mengganggu penampilan wajah adalah adanya komedo di t-zone, terutama area hidung. Komedo sendiri pada dasarnya merupakan folikel rambut tersumbat yang penuh dengan sebum dan kotoran berlebih. Sebum dan kotoran yang mengoksidasi di lapisan atas pori-pori mengakibatkan titik-titik hitam di kulit. Banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan komedo dan salah satunya adalah penggunaan pore strip. Sejak pertama kali pores stripes muncul, banyak orang yang menggunakan ini untuk menghilangkan komedo. Jika beberapa alat atau perawatan membutuhkan waktu yang lama untuk memberikan hasil yang memuaskan.

Tetapi tidak untuk pore strip, karena strip kecil yang seperti kertas ini langsung memuaskan hasilnya dan ini menjadi salah satu alasan banyak orang menggunakan ini. Tetapi ada masalah lain dari pore strip, meski banyak yang menggunakannya tetapi ada banyak orang juga yang menentangnya karena dapat merusak kulit. Mungkin sebagian dari kalian pore stripes ini efektif untuk menghilangkan penumpukan di dalam pori-pori. Tetapi efeknya tidak bertahan lama dan ini justru dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan pada kulit.

Bagaimana cara kerja pore strip?

Secara teori, pore strip bekerja untuk membersihkan pori-pori dengan menempelkannya pada area yang terdapat penumpukan di dalamnya. Bentuk pore strip sendiri sangat bervariasi yang berdasarkan pada area wajah yang dirancang, seperti dagu dan hidung.

Tetapi semuanya pada dasarnya bekerja dengan cara yang sama, pore strip merupakan strip bahan dengan perekat di satu sisi untuk melekat dan menarik keluar komedo. Jika perekat bena-benar menarik minyak dan menariknya keluar, komedo pun menghilang.

Apakah pore strip benar-benar berfungsi?

Meskipun sejauh ini dianggap efektif, tetapi banyak dokter kulit yang tidak begitu yakin dengan keefektifannya. Kemampuan strip untuk menempel dan membersihkan pori-pori adalah faktor variabel dan pore strip ini mungkin tidak bekerja untuk semua orang, terutama mereka yang memiliki alergi perekat. Meskipun produk ini dipasarkan dengan baik, tetapi sebagian besar tidak cukup kuat untuk membersihkan pori-pori.

Seperti yang sudah dituliskan di atas, bahwa penggunaan pore strip secara efektif menghilangkan komedo. Namun, efek ini hanya bersifat sementara dan nantinya komedo kemungkinan akan terisi kembali dalam beberapa hari atau minggu.

Apakah pore strip baik atau buruk untuk hidung?

Tidak dapat disangkal kepuasan instan dari pore strip dan caranya yang praktis membuatnya sangat berguna dalam keadaan darurat. Seperti membantu membersihkan sementara komedo sebelum acara atau untuk membantu riasan yang kamu aplikasikan. Namun, penting untuk diingat bahwa pada akhirnya pori-pori kamu akan terisi kembali dan jangan jadikan pore strip sebagai rutinitas skincare. Penting juga untuk diingat bahwa pore strip dapat menyebabkan iritasi terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensititf. 

Karena ketika melepas pore strip yang sangat rekat itu, dapat merobek banyak kulit kamu, memperburuk perlindungan kulit dan pada akhirnya berpotensi menyebabkan lebih banyak jerawat. Jadi penggunaan pore strip untuk hidung tidaklah baik, memang sekali menggunakannya tidak akan merusak kulit tetapi jika digunakan konsisten dalam rutinitas normal itu akan memperburuk kulit.

Lalu bagaimana jika tetap ingin menggunakannya?

Tetapi jika ingin menggunakannya, setidaknya gunakan dengan benar karena pore strip bekerja dengan mengelupas lapisan luar kulit dan mereka dapat menyebabkan iritasi bahkan kapiler pecah jika robek terlalu keras.

Selalu ikuti instruksi untuk penggunaan terbaik dan coba selembut mungkin saat ingin melepasnya. Disarankan juga untuk hanya menggunakannya seminggu sekali (jika kamu harus menggunakannya), hindari penggunaan retinol dan pengelupasan kimiawi sebelum memasang pore strip. [bn]