Kandungan Skincare Ini Bisa Picu Komedo! Hati-Hati ya

5 Bahan Berbahaya dalam Skincare yang Harus Diwaspadai

Jangan asal pakai skincare. Ada beberapa kandungan skincare yang dapat picu komedo, lho. Berikut di antaranya!

Komedo adalah salah satu masalah kulit yang sangat menganggu karena bisa membuat wajah kusam dan kurang flawless. Munculnya komedo disebabkan oleh adanya penyimbatan sel-sel kulit mati atau minyak dalam pori-pori kulit. Selain dari faktor internal dalam tubuh, komedo juga bisa muncul karena faktor skincare.

Salah memilih skincare bukannya membuat wajah semakin cantik, malah memicu munculnya komedo. Simak beberapa kandungan skincare yang perlu kamu hindari agar komedo tak muncul lagi wajah berikut, yuk!

Kandungan Alkohol

Alkohol seperti metanol atau etanol sekali kali digunakan sebagai bahan pelarut dalam skincare. Biasanya beberapa produk skincare menggunakan alkohol khusus untuk kulit yang oily atau kombinasi. Sensasi dingin alkohol ketika diaplikasikan ke kulit dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Namun ternyata menggunakan alkohol dapat menyumbat pori-pori di wajah sehingga menjadi pemicu munculnya komedo. Bahkan jika memilih skincare yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit bisa mengakibatkan komedo semakin parah bahkan berjerawat.

Kandungan Talc

Talc adalah salah satu kandungan yang dapat ditemukan pada skincare atau makeup. Sifat kandungan talc yang mudah menyerap minyak berlebih di wajah ternyata dapat memicu penyumbatan pori-pori. Ditambah jika adanya akumulasi kotoran seperti debu dan sisa makeup yang menempel di wajah dapat berubah menjadi komedo. Sebaiknya setelah beraktivitas di luar ruangan segera bersihkan wajah dahulu agar mencegah munculnya komedo bahkan jerawat.

Kandungan Silikon

Silikon yang terkandung pada skincare biasanya adalah jenis DimethiconeMethicone dan sebagainya. Kandungan silikon bermanfaat untuk membuat kulit lebih halus dan lembut. Tapi, apa silikon tidak dibersihkan dengan benar bisa memicu penyumbatan pori-pori dan menyebabkan komedo. Bahkan dalam jangka panjang jika memunculkan jerawat yang lebih parah. [bn]