Ini Alasan Kenapa Kamu Wajib Pakai Sunscreen

Hasil gambar untuk pakai sunscreen

Apa kamu sudah rutin pakai sunscreen setiap hari? kamu harus tahu bahwa kulit sangat butuh perlindungan. Maka dari itu kamu wajib menjaganya dari berbagai hal termasuk seperti paparan sinar matahari berlebih yang bisa merusak kulitmu nantinya.

Sunscreen atau tabir surya dinilai mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sunscreen menjadi elemen yang penting dari rutinitas perawatan kulit. Fungsi utama sunscreen memang melindungi kulit dari paparan sinar matahari, selain itu ada banyak lagi fungsi penting dari sunscreen. Yuk simak ulasan berikut ini ..

1.Mengurangi risiko kanker kulit

Perlu kamu tahu bahwa dengan memakai sunscreen setiap hari bisa mencegah berbagai jenis kanker kulit, terutama melanoma yaitu kanker kulit paling berbahaya yang mematikan!

Selain itu, dengan sunscreen kulitmu juga akan terbebas dari warna yang tidak merata atau belang, serta tanda-tanda penuaan dini seperti noda-noda gelap dan kerutan. Dengan kamu memakai sunscreen sejak muda jauh lebih mudah daripada kamu harus menhadapi beragam masalah kulit ketika usiamu sudah di atas 30 nanti, jelas tidak mau bukan?

2. Bedanya UVA dan UVB

UVA adalah radiasi sinar matahari yang bikin penuaan dini datang lebih cepat, sedangkan UVB bisa bikin kulit menggelap atau sunburn.

Saat kamu membeli sunscreen sebaiknya cek label kemasan sebelum membeli dan pilih sunscreen yang mampu lindungin kulitmu dari UVA dan UVB. Karena biasanya banyak sunsreen yang hanya melindungi dari UVB, belum tentu UVA.

3. Apa itu SPF dan PA?

SPF adalah sebuah rating yang menentukan kemampuan sunscreen dalam menangkal UVB. Makin tinggi SPF makin baik deh perlindungannya buat kulit.

Sedangkan, PA adalah yang menentukan kemampuannya dalam melindungi kulit dari UVA. PA biasanya ditulis dengan tanda (+) di belakangnya. Semakin banyak tanda (+), artinya efektivitasnya makin tinggi.

4. Aplikasikan ulang

Jika kamu beraktivitas diluar ruangan, pakailah atau aplikasikan ulang sunscreen setiap 2 jam sekali, karena efektivitas produk akan berkurang saat sudah terkena keringat dan air.

5. Tidak mencerahkan, tetapi mencegah kulit menggelap

Sunscreen mencegah warna kulitmu agar tidak menggelap karena sinar UV. Kamu sangat salah jika menganggap sunscreen dapat mencerahkan kulitmu, karna sunscreen tidak mengandung bahan pencerah kulit.

6. Tetap gunakan meski berpakaian tertutup

Meskipun kamu berhijab atau sedang memakai pakaian tertutup, tetap pakai sunscreen sebelum berpakaian agar kulit terlindungi secara maksimal. Karena sunscreen mampu memproteksi kulit dari bahaya matahari lebih baik dibanding pakaian yang menutupi tubuhmu.

7. Pilih yang waterproof

Ada baiknya kamu memilih sunscreen yang waterproof karena ini akan lebih aman digunakan saat kamu berkeringat atau berolahraga air dan lainnya sehingga tidak gampang luntur. Tapi jangan lupa, walaupun kamu pakai sunscreen yang waterproof kamu tetap pakai ulang sunscreenmu setelah 2 jam yaa..

8. Sesuai jenis kulit

Ada banyak jenis sunscreen yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis kulitmu agar kamu lebih cocok dan nyaman saat memakainya,

Jika kulitmu berminyak atau mudah berjerawat, pakailah jenis sunscreen yang ringan dan cepat meresap agar tidak terasa lengket dan membuat wajahnya mengkilap seperti memproduksi minyak berlebih.

Sebaliknya jika kulitmu kering atau normal, pilihlah sunscreen yang memiliki tekstur krim. Dan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, kamu bisa berkonsultasi kedokter terlebih dahulu. Yang jelas hindari sunscreen dengan kandungan minyak, parfum, dan PABA.

9. Sunscreen di dalam kosmetik

Ada banyak makeup yang mengandung SPF atau sunscreen, misalnya foundation, cushion, primer atau pressed powder.  Tapi kamu jangan salah dengan menganggap tidak perlu lagi menggunakan sunscreen, gunakanlah itu seperti pelengkap saja. Tetap gunakan sunscreen untuk hasil yang lebih maksimal, aplikasikan saja tipis-tipis pada wajahmu sebelum menggunakan makeup dan cuci tanganmu sebelum lanjut ke makeupmu.

10. Waktu pemakaian sunscreen

Sunscreen sebaiknya dipakai setelah kamu menggunakan seluruh rangkaian skincare mu. Jadi, tepat sebelum makeup. Tapii walaupun kamu sedang tidak akan memakai makeup, sunscreen tetap wajib pakai yaa..

11. Rutin membersihkan wajah

Info banget nih, kamu perlu tahu bahwa dengan memakai sunscreen setiap hari dapat membuat pori-pori tersumbat, terutama pada sunscreen dengan SPF tinggi. Untuk mengatasinya kamu harus rutin membersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih wajah yang mampu mengangkat segala makeup, kotoran, dan minyak secara tuntas atau kamu bisa melakuakan double cleansing.

12. Cek tanggal kadaluwarsa

Efesiensi sebuah produk lebih tinggi jika baru saja diproduksi. Maka dari itu, saat kamu ingin membeli cek tanggal kadaluwarsa dan pilihlah sunscreen yang baru diproduksi. Jangan pilih produk sunscreen yang sudah terlalu lama. Untuk lebih mudahnya, kamu dapat membeli sunscreen dengan ukuran kecil agar kamu dapat menggantinya secara rutin dan tidak terlalu lama. Karena produk yang expired sangat bahaya buat kulit, maka dari itu kamu harus lebih teliti yaa..

Nah, Gimana? kamu sudah tahu kan pentingnya sunscreen untuk kulitmu? dari sekarang sayangi dan lindungi kulitmu ya terlebih lagi jika akan keluar rumah :)